Jumat, 04 Januari 2013

Perubahan dan perkembangan Organisasi

Faktor-faktor penyebab Perubahan organisasi dibedakan menjadi dua, yaitu :
Faktor Intern
a.  Perubahan kebijakan lingkungan
b.  Perubahan tujuan
c.  Perluasan wilayah operasi tujuan
d.  Volume kegiatan bertambah banyak
e.  Sikap & perilaku dari para anggota organisasi.

Faktor Ekstern
a. Politik
b. Hukum
c. Kebudayaan
d. Teknologi
e. Sumber daya alam
f. Demografi
g. Sosiologi
Proses dari perubahan:

  • Mengadakan pengkajian 
  • Mengadakan identifikasi 
  • Menentukan strategi 
  • Melakukan evaluasi.

Sikap dalam menghadapi perubahan lingkungan:

  • Mengadakan perubahan struktur organisasi. 
  • Mengubah sikap & perilaku pegawai. 
  • Mengubah tata aliran kerja. 
  • Mengubah peralatan kerja. 
  • Mengubah prosedur kerja. 
  • Mengadakan perubahan dalam hubungan kerja antar personel.

Ciri Perkembangan Organisasi.

          Ciri-ciri perkembangan organisasi adalah suatu strategi pendidikan yang kompleks yang dimaksudkan untuk mengubah keyakinan, sikap, nilai dan struktur organisasi. Pengembangan organisasi yang efektif memiliki ciri-ciri sebagai berikut :

a)  Merupakan strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat tentang permasalahan yang dihadapi oleh organisasi.
b)  Merupakan kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan terjadi.
c)  Menekankan cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi dan semua satuan kerja dalam organisasi.
d)  Mengandung nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
e)  Menggunakan pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi, interaksi dan interdependensi antara berbagai satuan kerja sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
f)   Menggunakan pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.

Metode Pengembangan Organisasi

Metode Pengembangan Perilaku:

  •  Jaringan Manajerial (managerial Grid)
  • Latihan kepekaan
  • Pembentukan Tim
  • Umpan Balik Survei

Metode Pengembangan Ketrampilan dan sikap :
  • On the job training
  • Job Instruction Training
  • Of the job training
  • Vestibule training






 Referensi :
http://anissaisyaa.blogspot.com/2012/01/pengembangan-organisasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar