Senin, 08 April 2013

Perspektif terhadap Intraksi Manusia dan Teknologi dalam Menghadapi Era Globaisasi

 RINGKASAN SEMINAR PUSAT STUDI INTERAKSI MANUSIA DAN TEKNOLOGI
“Perspektif terhadap Intraksi Manusia dan Teknologi dalam Menghadapi Era Globaisasi”
Selasa, 26 Maret 2013
Universitas Gunadarma


    Seminar Ilmiah dengan Narasumber I : Prof. Dr.Ir. Anang Zaini Gani,   MSIE

“ Interaksi Manusia dan Teknologi dalam era globalisasi”

Ø  Interaksi manusia vs teknologi
Sejarahnya : 1. Masyarakat pertanian (800 SM -1700) penemuan “pacul”.
                                          2. Masyarakat Industri (1700 – 1970) penemuan alat bantu otot.
                                          3. Masyarakat informas (1970 – 2000) penemuan alat bantu otak.

Indonesia merupakan unmanagable country, maksudnya disini unmanageable disini adalah Indonesia merupakan negara yang kaya raya tetapi Indonesia tidak bisa mengurus dirinya sendiri dengan memanfaatkan sumber daya yang ada. Kita masih berkegantungan dengan inpor dari luar yang tidak berbanding lurus dengan impor yang kita keluarkan. Disini kita punya penggambaran solusinya ;

Ada sebuah system yang menunjuk ke sebuah model, model merupakan gambaran dari sebuah sistem, dengan model kita bisa tahu masalah-masalahanya serta solusi menyelesaikan masalah tersebut. Untuk itu kita perlu gambaran dari negeri ini.

Ø  Daya saing negara
Ada 2 faktor yang menentukan daya saing negara yaitu manusia dan teknologi. Daya saing negara Indonesia terus turun, hanya perusahaan yang inovatif lah yang dapat maju dan memajukan Indonesia.

Ø  6 senjata gelap globalisasi
1.   Demokrasi
2.   HAM
3.   HAKI
4.   Lingkungan
5.   Standarisasi (ISO)
6.   Risk Country

Ø  Teknologi dan unsurnya
1. Tecnoware
2. Hardware
3. Infoware
4. Organware

Ø  Kunci keberhasilan dalam globalisasi
1.   Vision
2.   Patience
3.   Fows
4.   Creativitas
5.   Sensitive


     Seminar Ilmiah dengan narasumber II : Dr.Ing. Adang Suhendra

“ Virtual Reality Technology”

Ø  Virtual Reality (VR) merupakan sebuah teknologi untuk memberikan simulasi dan interaksi. VR akan membantu memberikan pemahaman tentang suatu hal dengan cara simulasi dan interaksi.
Ø  Sejarah VR : 
- 1950 untuk simulasi penerbangan oleh US Air Force
- 1965 untuk program komputer grafik yang disebut The Ultimate Display.
- 1988 untuk pemerintah
- 1991 Pertama kali di komersilkan atau dijual.
Ø  Jenis-jenis VR
1. Windows On World
    VR jenis ini sudah diterapkan di laptop, smart tv, dll.
2. Immersive VR
    Visualnya lebih nyata dengan teknologi 3D world.
3. Mixed Reality (Augmented Reality)
    Dengan menggabungkan keadaan yang sesungguhnya.
4. Distributed VR

Ø  Masalah-masalah pada VR
-          Cybersickness
-          Low-fidelity
-          Experience

Ø  Teknologi pada VR
·      Hardware
1. Head – Mounted Display (HMD)
2. Binocular Omni – Orientation Monitor (BOOM)
3. Cave Automatic Virtual Environment (CAVE)
4. Data Glove dan Motion Capture
5. Control Device

·      Software
1. Toolkits
2. Authoring System
3. Virtual Reality Modelling Language (VRML)

Ø  Penerapan aplikasi
1. Entertainment
2. Medicine
3. Eduvation dan training

referensi
-http://bonarichopakpahan.blogspot.com/2013/03/perspektif-terhadap-intraksi-manusia.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar